Info Dan Tips Bagi Anda Yang Akan Mengunjungi NTT (Nusa Tenggara Timur)

Bagi anda yang ingin mengunjungi pulau ntt untuk berwisata atau sekedar liburan ada baiknya kenali terlebih dahulu adat istiadat serta budaya di sana, pepatah bijak mengatakan “dimana bumi di pijak, maka disana langit di junjung”

foto: tajukflores.com

Adat istiadat adalah tradisi dan kebiasaan yang berlaku di suatu wilayah atau komunitas. NTT (Nusa Tenggara Timur) adalah provinsi di Indonesia yang memiliki berbagai macam adat istiadat yang beragam dan kaya. Hal ini perlu dihormati karena merepresentasikan sejarah, budaya, dan nilai-nilai dari komunitas tersebut. Hormat dan menghargai adat istiadat juga merupakan bentuk penghormatan terhadap keberagaman dan keragaman budaya di Indonesia.

Data Badan Pusat Statistik

ilustrasi grafik data badan pusat statistik / foto: guru berbagi

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020, jumlah penduduk di Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah 4.496.855 jiwa. Dengan jumlah persentase penganut tiap agama sebagai berikut:

  • Kristen: 23,88%
  • Katolik: 22,55%
  • Islam: 50,43%
  • Hindu: 2,57%
  • Buddha: 0,36%
  • Konghucu: 0,21%

Data tersebut mengacu kepada pendataan persentase tahun 2020, akan tetapi perlu diingat bahwa persentase tersebtu dapat berubah dari waktu ke waktu.

Agama Yang Dianut Di Nusa Tenggara Timur (NTT)

contoh keharmonisan umat beragama / foto: seword

Agama mayoritas di Nusa Tenggara Timur adalah Kristen protestan, katolik, dan Islam. Namun, terdapat juga beberapa kelompok masyarakat yang menganut agama tradisional seperti animisme dan dinamisme. Dari ketiga agama tersebut, agama Kristen protestan dan katolik digunakan oleh masyarakat etnis Flores, Sumba, dan Timor sedangkan agama Islam digunakan oleh masyarakat etnis Bima dan Sumbawa. Namun di beberapa kabupaten/kota di NTT yang memiliki penduduk muslim sebagai mayoritas, seperti kota Bima, kota Ende, dll.

Berikut Kebudayaan Yang Perlu Kita Hormati Di Nusa Tenggara Timur (NTT)

contoh di antara budaya ntt / foto: imujio

Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki beragam kebudayaan yang kaya dan beraneka ragam. Beberapa kebudayaan yang dapat ditemukan di NTT antara lain:

  1. Kebudayaan etnis Flores: terkenal dengan tarian tradisional Caci, pertunjukan musik tradisional, dan kerajinan tangan ikat tenun.
  2. Kebudayaan etnis Sumba: terkenal dengan kerajinan tangan ikat tenun, tarian tradisional Marapu, dan arsitektur rumah adat.
  3. Kebudayaan etnis Timor: terkenal dengan tarian tradisional Lengger, kerajinan tangan ikat tenun, dan pertunjukan musik tradisional.
  4. Kebudayaan etnis Bima dan Sumbawa: terkenal dengan tarian tradisional Rambu Solo, kerajinan tangan ikat tenun, dan pertunjukan musik tradisional.
  5. Kebudayaan etnis Rote: terkenal dengan tarian tradisional Ta’i Pusu, kerajinan tangan ikat tenun, dan pertunjukan musik tradisional.
  6. Kebudayaan etnis Sabu: terkenal dengan tarian tradisional Sabu, kerajinan tangan ikat tenun, dan arsitektur rumah adat.
  7. Kebudayaan etnis Alor: terkenal dengan tarian tradisional Kecak, kerajinan tangan ikat tenun, dan arsitektur rumah adat.
  8. Kebudayaan etnis Lamaholot: terkenal dengan tarian tradisional Caci, kerajinan tangan ikat tenun, dan arsitektur rumah adat.

Kebudayaan di Nusa Tenggara Timur sangat beragam, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi dan dikenal lebih jauh.

Tips Bagi Anda Yang Akan Mengunjungi Nusa Tenggara Timur (NTT)

tips berkunjung ke ntt / foto: elsevier

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (NTT), beberapa tips yang dapat membantu dalam perjalanan Anda adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Anda mempersiapkan perjalanan Anda dengan baik, termasuk mengecek jadwal penerbangan dan menyewa kendaraan.
  2. Bawa peralatan yang cukup untuk cuaca yang tidak pasti. Bawa juga peralatan pendukung perjalanan seperti pelindung matahari, topi, dan sepatu yang nyaman.
  3. Bawa uang tunai dalam jumlah yang cukup, karena beberapa daerah di NTT mungkin tidak memiliki fasilitas ATM atau kartu kredit.
  4. Bawa obat-obatan pribadi yang Anda butuhkan, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.
  5. Bersikaplah sopan dan hormat terhadap budaya dan adat istiadat setempat, dan jangan lupa untuk meminta izin sebelum mengambil gambar orang atau tempat yang Anda kunjungi.
  6. Jangan lupa untuk mengecek izin yang diperlukan sebelum melakukan aktivitas di daerah-daerah tertentu, seperti berenang di pantai atau berwisata di taman nasional.
  7. Jangan lupa untuk menikmati perjalanan Anda dan jangan terlalu terburu-buru, karena NTT memiliki banyak hal yang dapat dikunjungi dan dinikmati.

Demikian Info dan Tips yang perlu di ketahui di saat anda akan mengunjungi pulau Nusa Tenggara Timur, semoga kita di panjangkan umur serta di mudahkan rezeki dan di luangkan waktu untuk dapat mengunjungi NTT (Nusa Tenggara Timur) yang dikenal dengan julukan “Pulau Surga” karena keindahan alamnya yang luar biasa. Selain itu, NTT juga dikenal dengan julukan “Pulau Flores” karena pulau Flores yang merupakan salah satu pulau terbesar di NTT.

Terimakasih

sumber informasi : wikipedia.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *