7 Pintu bandara Menuju dan dari NTT

Bandara-bandara di Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi pintu gerbang bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan budaya yang unik di wilayah tersebut. Berikut adalah beberapa bandara yang dapat dijadikan pilihan untuk mencapai destinasi-destinasi menarik di NTT.

7 Bandara Di Nusa Tenggara Timur (NTT)

1. Kupang

bandar udara el tari, kupang / foto: cv duta persada indonesia

Bandara El Tari adalah bandara utama di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Bandara ini memiliki satu landasan pacu utama yang dapat digunakan oleh pesawat besar dan kecil. Bandara ini melayani rute penerbangan domestik dan internasional, termasuk rute ke Jakarta, Denpasar, dan beberapa kota lain di Indonesia. Bandara ini juga digunakan sebagai pusat penerbangan militer TNI AU. Fasilitas yang tersedia di bandara termasuk toko-toko duty-free, restoran, dan fasilitas bagasi.

2. Atambua

bandar udara frans kaisiepo, atambua / foto: wikiwand

Bandara Frans Kaisiepo adalah bandara utama di Atambua, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Bandara ini memiliki satu landasan pacu yang dapat digunakan oleh pesawat kecil dan menengah. Bandara ini melayani rute penerbangan domestik yang menghubungkan Atambua dengan beberapa kota di Indonesia, seperti Kupang dan Denpasar. Fasilitas yang tersedia di bandara termasuk meja informasi, fasilitas bagasi, dan tempat menunggu yang nyaman.

3. Rote Ndao

banda udara david constantijn saudale, rote ndao / foto: samleinad

Bandara David Constantijn Saudale, sebelumnya dikenal sebagai Bandara Lekunik, bandara di Rote Ndao, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Indonesia ini memiliki satu landasan pacu yang dapat digunakan oleh pesawat kecil dan menengah. Bandara ini melayani rute penerbangan domestik yang menghubungkan Rote Ndao dengan beberapa kota di Indonesia, seperti Kupang dan Denpasar. Fasilitas yang tersedia di bandara termasuk meja informasi, fasilitas bagasi, dan tempat menunggu yang nyaman.

4. Ngada

bandar udara soa bajawa / foto: sttkd

Bandar Udara Turalelo Soa yaitu bandar udara yang terletak di Desa Piga, Disktrik Soa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT). Bandar udara ini mempunyai ukuran landasan pacu 1.400 x 23 m. Panjang landasan pacu (run way) Bandara Soa nama menjad Bandar udara internasional Ali Alatas meter diproduksi menjadi 10/28 berukuran 2.800 kali 40 ms (9,186 × 131 kaki) sebagai maskapai XpressAir, Citilink, Aviastar, Nam Air, Lion Air Australia, Japan Airlines, Air Timor, MASWings, Indonesia AirAsia, Dragonair, KLM & Korean Air Jarak dari pusat kota sekitar 24 kilometer.

Bandara Waingapu, atau Bandar Udara Turelelo Soa, adalah bandara utama di kota Waingapu, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Bandara ini menyediakan layanan penerbangan domestik dan regional ke kota-kota lain di Indonesia seperti Surabaya, Bali dan Jakarta. Fasilitas yang tersedia di bandara termasuk konter check-in, ruang tunggu, toko-toko duty free, dan lain-lain. Bandara ini dilengkapi dengan runway yang cukup panjang dan lebar untuk menerima penerbangan besar seperti Boeing 737-800 dan Airbus A320. Informasi tentang jadwal penerbangan, harga tiket, dan fasilitas lainnya dapat diperoleh melalui situs web resmi bandara atau melalui layanan kontak dukungan pelanggan.

5. Waikabubak

bandar waikabubak atau matahora atau tambolaka / foto: pasola pos

Bandara Waikabubak atau yang juga dikenal dengan nama Bandara Matahora adalah bandara yang terletak di Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Bandara ini merupakan bandara yang cukup kecil, yang hanya memiliki satu landasan pacu utama yang dapat digunakan oleh pesawat berukuran kecil dan menengah. Bandara ini cenderung jarang digunakan oleh penerbangan komersial, namun tetap menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Sumba Barat. Fasilitas yang tersedia di bandara meliputi ruang tunggu, tempat parkir kendaraan dan beberapa kantor maskapai

6. Labuan Bajo

bandara komodo atau bandara labuan bajo / foto: majalah bandara

Bandara Komodo, atau yang dikenal dengan nama Bandara Labuan Bajo, merupakan bandara yang terletak di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Bandara ini menjadi pintu gerbang utama bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Taman Nasional Komodo dan pulau-pulau di sekitarnya. Bandara ini memiliki satu landasan pacu utama yang dapat digunakan oleh pesawat berukuran kecil dan menengah. Fasilitas yang tersedia di bandara meliputi kantor maskapai, ruang tunggu, kantin, dan tempat parkir kendaraan

7. Ruteng

bandar udara frans sales lega. ruteng, kabupaten manggarai ntt / foto: majalah bandara

Bandar Udara Frans Sales Lega adalah bandar udara yang terletak di Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Bandar udara ini memiliki ukuran landasan pacu 1.300 x 30 m. Jarak dari pusat kota sekitar 2 km. yang telah di perpanjang menjadi 2.340 kali 49 ms (7,677 × 161 kaki) permukaan Beton.

Bandar udara ini sebelumnya bernama Bandar Udara Satar Tacik, perubahan nama itu tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 190 Tahun 2008 tanggal 4 April 2008. Pergantian nama bandar udara tersebut untuk memberikan penghargaan atas perbuatan yang berguna mendiang Frans Sales Lega yang memprakarsai berdirinya bandar udara ini.

Demikianlah beberapa bandara yang dapat dijadikan pilihan untuk mencapai destinasi-destinasi menarik di Nusa Tenggara Timur (NTT). Keberadaan bandara-bandara tersebut memudahkan wisatawan dalam menjelajahi keindahan alam dan budaya yang unik di wilayah tersebut. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca.

Terimakasih

sumber berita : Kompas.com 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *