6 Bandara Yang Siap Menyambut Anda Di NTT

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam dan budaya yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan cara yang nyaman dan cepat, yaitu dengan menggunakan pesawat. Ayo, ajak keluarga dan teman-teman Anda untuk menikmati liburan

yang tidak akan terlupakan di NTT. Pesan tiket pesawat Anda sekarang dan jangan sampai ketinggalan untuk merasakan keindahan yang ditawarkan oleh NTT

Dengan beragam pilihan bandara yang dapat diakses, perjalanan Anda menuju Nusa Tenggara Timur (NTT) akan semakin mudah dan nyaman. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam dan budaya yang tersimpan di NTT. Pastikan untuk merencanakan liburan Anda dengan baik dan menikmati setiap momen yang Anda dapatkan di sana.

Berikut beragam pilihan bandara yang di tawarkan untuk mempasilitasi keinginan anda sekeluarga

1. Mbay

rencana pembangunan bandar udara surabaya II mbay, nagekeo, flores NTT 2022-2024 / foto: delegasi

Bandar Udara Surabaya II Mbay di Kabupaten Nagekeo, Pulau Flores, NTT pembangunanya di tunda dan tidak masuk dalam 10 Bandara yang akan dibangun pada tahun 2022-2024. walaupun sudah direncanakan jauh jauh waktu sejak pembentukan Kabupaten Nagekeo pada tahun 2007 bahkan sejak tahun 2011 sudah memiliki izin dengan SK Nomor KP 627 mengenai keputusan lokasi Bandara yang sudah ditentukan di kabupaten Nagekeo Provinsi NTT.

2. Ende

bandara h. hasan aroeboesman / foto: on earth

H. Hasan Aroeboesman Airport bukan merupakan bandara besar jadi tidak banyak jenis penerbangan yang berangkat dari bandara ini. Hanya sekitar beberapa tujuan saja yang dapat anda capai dari H. Hasan Aroeboesman Airport, kebanyakan dioperasikan oleh Wings Air. Orang sering terbang ke Labuanbajo dulu lalu transfer ke penerbangan lain di bandara tersebut.

3. Maumere

bandara frans kaisiepo / foto: antara foto

Bandara Frans Kaisiepo, yang dikenal juga dengan nama Bandara Maumere, adalah bandara yang terletak di Maumere, Kabupaten Sikka, Propinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Bandara ini menjadi pintu gerbang utama bagi wisatawan yang ingin mengunjungi wilayah Flores Timur, termasuk kota Maumere dan sekitarnya. Bandara ini memiliki satu landasan pacu utama yang dapat digunakan oleh pesawat berukuran kecil dan menengah. Fasilitas yang tersedia di bandara meliputi ruang tunggu, tempat parkir kendaraan, kantor maskapai, dan beberapa fasilitas lainnya.

4. Larantuka

bandar udara gewayantana / foto: haris istanto

Bandar Udara Gewayantana yaitu bandar udara yang terletak di Desa Tiwatobi, Disktrik Ile Dapat berdiri sendiri, Larantuka Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Tahun depan dasar pacu di bandar udara ini akan di perpanjang menjadi 2.199 kali 45 ms (7,215 × 148 kaki). Jarak bandara ini dari pusat kota Larantuka sekitar 10 km. Akses untuk mencapai kota mempunyai Angkutan Kabupaten Flores Timur dan BUS Shantika dan BUS Keinginan Jaya pilihan yang mempunyai juga mobil travel atau ojek.

5. Lembata

bandar udara wunopito lewoleba / foto: ploresa.co

Bandara Wunopito adalah sebuah bandara kecil yang terletak di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Bandara ini memiliki satu landasan pacu yang digunakan untuk penerbangan domestik. Bandara ini dikelola oleh PT Angkasa Pura I dan melayani penerbangan dari dan ke Kota Kupang, yang merupakan ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur. Penerbangan dari bandara ini dapat diakses dari beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Denpasar, dan Surabaya

6. Alor

bandara alor / foto: jurnaland

Bandara Alor di Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah bandara yang terletak di Kabupaten Alor, Provinsi NTT, Indonesia. Bandara ini merupakan bandara domestik yang menyediakan penerbangan dari beberapa kota di Indonesia, seperti Kupang, Ende, dan Denpasar. Bandara ini memiliki satu runway dengan panjang 1.200 meter dan lebar 30 meter, yang dapat digunakan oleh pesawat kelas turboprop. Fasilitas yang tersedia di bandara ini meliputi ruang tunggu, kantor informasi, dan toko cinderamata. Bandara ini juga menjadi akses transportasi utama bagi wisatawan dan penduduk setempat untuk menuju destinasi wisata yang ada di Alor dan sekitarnya.

Semua bandara itu, didarati pesawat, kecuali Bandara Surabaya II di Mbay, Kabupaten Nagekeo. Bandara El Tari Kupang berstatus kelas B yang setiap hari melayani penerbangan dari dan ke wilayah NTT, selain Bandara Frans Seda di Maumere, Haji Aroebusman di Ende, Umbu Mehang Kunda di Waingapu, Sumba Timur, Wetabula di Sumba Barat Daya dan Labuan Bajo di Manggarai Barat. Bandara-bandara tersebut bisa didarati pesawat berbadan lebar seperti Boeing 737 dan 734. Sedangkan bandara lain, umumnya terdapat di kabupaten-kabupaten bisa didarati pesawat berbadan sedang hingga kecil, namun setiap hari didarati pesawat dari dan ke Kupang.

Sumber Artikel : Kompas.com 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *