10 Tempat Wisata di Blitar yang Gratis dan Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blitar yang Gratis dan Wajib Dikunjungi
10 Tempat Wisata di Blitar yang Gratis dan Wajib Dikunjungi

Blitar, kota kecil yang terletak di Jawa Timur, memiliki sejumlah tempat wisata menarik yang tidak hanya indah tapi juga gratis. Jangan salah, gratis tidak berarti murahan atau tidak menarik. Malah sebaliknya, tempat-tempat ini memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang mampu memikat hati pengunjungnya. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Candi Penataran

Candi Penataran merupakan candi Hindu terbesar di Jawa Timur. Selain menjadi tempat ibadah, candi ini juga menjadi objek wisata dan penelitian arkeologi. Bagian candi yang masih utuh adalah pringgitan dan balairung utama. Terdapat pula tiga buah paduraksa atau gerbang berlapis batu bata. Selain itu, keindahan alam sekitar candi juga menjadi daya tarik tersendiri.

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir merupakan salah satu tempat favorit bagi para pecinta sunrise dan hiking. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1.700 mdpl dan dikenal dengan pemandangan sunrise yang sangat indah. Untuk mencapai puncak, pengunjung harus menempuh perjalanan kurang lebih selama 2 jam. Namun, usaha tersebut pasti terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan.

Alamat
Jam Buka
Candi Penataran
Desa Penataran, Nglegok, Blitar
Setiap hari, 07.00 – 17.00
Bukit Sikunir
Desa Sumberwringin, Gandusari, Blitar

Coban Rondo Waterfall

Coban Rondo Waterfall terletak di lereng Gunung Panderman, Batu. Meskipun berada di luar kota Blitar, tempat ini tetap masuk dalam area Jawa Timur dan layak untuk dikunjungi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 84 meter dan terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Pengunjung dapat menikmati suasana yang sejuk dan segar sekaligus berfoto-foto di sekitar air terjun.

Taman Makam Pahlawan Nasional

Taman Makam Pahlawan Nasional merupakan tempat peristirahatan terakhir para pahlawan kemerdekaan Indonesia. Terdapat lebih dari 2.000 makam di dalamnya, termasuk para pejuang dari daerah Blitar seperti Bung Karno dan Bung Tomo. Selain tempat peristirahatan, taman ini juga menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Makam Soekarno

Makam Soekarno merupakan tempat peristirahatan terakhir dari Presiden Pertama Indonesia, Bung Karno. Makam ini berada di Desa Kemiri, Kecamatan Mojo, Blitar. Selain sebagai tempat peristirahatan, makam ini juga menjadi tempat ziarah dan objek wisata sejarah yang dapat dikunjungi oleh pengunjung.

Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi merupakan kebun raya terbesar di Jawa Timur. Luasnya mencapai sekitar 85 hektare dan memiliki koleksi tumbuhan yang sangat lengkap. Terdapat lebih dari 10.000 koleksi tanaman, termasuk tanaman langka dan dilindungi. Pengunjung dapat menikmati keindahan dan keanekaragaman tumbuhan di sana serta berwisata edukasi tentang keanekaragaman hayati.

Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo merupakan salah satu pantai di Blitar yang memiliki pasir putih dan ombak besar. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain air dan berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai macam kuliner dan membeli oleh-oleh khas Blitar di sekitar pantai.

Taman Kota Blitar

Taman Kota Blitar merupakan taman terbesar di Kota Blitar. Taman ini memiliki area hijau yang luas dan fasilitas olahraga seperti lapangan basket dan voli. Selain itu, terdapat pula anjungan wisata sejarah dan miniatur candi yang menjadi objek wisata edukasi. Pengunjung dapat menikmati suasana yang sejuk dan segar serta berolahraga di sana.

Makam Ki Ageng Gribig

Ki Ageng Gribig merupakan tokoh sufi yang terkenal di Blitar. Makamnya berada di Desa Gribig, Kecamatan Talun, Blitar. Meskipun tempatnya agak terpencil, namun makam ini menjadi tempat ziarah bagi orang-orang yang ingin memohon berkah dan melakukan ritual tertentu. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar makam.

Bukit Cinta

Bukit Cinta merupakan bukit yang terletak di kawasan Candi Penataran. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut dan dikenal dengan pemandangan yang menakjubkan. Pengunjung dapat menikmati pemandangan lembah dan perbukitan sekitar dari atas bukit. Selain itu, bukit ini juga menjadi tempat favorit para pecinta fotografi.

  • Bagaimana cara menuju Bukit Sikunir?
  • Untuk menuju Bukit Sikunir, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau bus menuju Desa Sumberwringin, Gandusari, Blitar. Setelah itu, pengunjung harus melakukan pendakian selama kurang lebih 2 jam untuk mencapai puncak Bukit Sikunir.

  • Apa saja kuliner khas Blitar yang dapat ditemukan di sekitar Pantai Tambakrejo?
  • Di sekitar Pantai Tambakrejo, pengunjung dapat menemukan berbagai macam kuliner khas Blitar seperti mie kikil, sate kerang, dan bakso ikan. Selain itu, pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh khas Blitar seperti keripik tempe dan dodol.

  • Apakah ada penginapan di sekitar tempat wisata di Blitar yang gratis?
  • Ya, terdapat beberapa penginapan di sekitar tempat wisata di Blitar yang gratis seperti homestay, guest house, dan villa. Pengunjung dapat mencari informasi lebih lanjut di internet atau bertanya langsung kepada warga sekitar.

Kesimpulan

Itulah 10 tempat wisata di Blitar yang gratis dan wajib dikunjungi. Dari keindahan alam, sejarah, hingga keunikan budaya, tempat-tempat tersebut mampu menyajikan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjungnya. Jangan ragu untuk mengunjungi tempat-tempat ini dan nikmati keindahan Kota Blitar!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *